Bisnis Keuangan

CARA AGAR SCRIPT WEBSITE BISA ONLINE

Bisnis di internet dapat diibaratkan seperti membuka sebuah toko. Biasanya toko buka paling tidak dari pagi sampai sore. Namun kalau bisnis internet (toko online), kita memiliki toko yang online 24 jam nonstop, tanpa kita harus menunggui. Toko online biasa kita sebut situs, bisa berupa website ataupun blog. Untuk bisa mengonlinekan sebuah website kita harus mempunyai :
1. Nama Domain ; sebagai nama website (lebih baik jangan yang gratisan, karena akan dapat mengurangi kredibilitas website).
2. Account web hosting ; sebagai ruang sewa website.
3. Software HTML editor (frontpage, mac. Dreamweaver, dll) sebagai alat untuk membuat dan melakukan editing website.
4. Software FTP (File Transfer Protocol) ; sebagai alat untuk mengirim script website kita ke webhositng sehingga dapat dionlinekan.

Apabila kita sudah menyiapkan script website, sebelum file-file website tersebut siap untuk di-Upload di server webhosting kita, sebaiknya dicek ulang dahulu segala persiapannya. Mulai dari kelengkapan file-file website sampai kebenaran script sehingga diharapkan tidak terjadi error nantinya. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah kita harus membeli domain dan hosting yang mengijinkan script PHP serta ada fasilistas database MySql dan Cpanel, yaitu sebuah fitur yang akan mengontrol data-data dari website kita dengan mudah. Saat ini hampir semua web server sudah menyediakan fasilitas ini.

Sebelum kita mengupload script website ke webserver, kita harus mensetting database Mysql dahulu. Untuk itu jika kita akan membeli domain dan hosting, pastikan bahwa web servernya di lengkapi dengan PhpMyadmin. Misalkan account domain kita adalah http://www.website.com dan kita pastinya diberikan sebuah username. Maka prosedur pembuatan databasenya adalah sebagai berikut :
a. Login ke cpanel website kita, misalnya nama website kita adalah www.website.com, maka ketiklah dibrowser www.website.com/cpanel
b. Masukkan username dan password yang telah dikirimkan oleh tempat hosting kita.
c. Buat sebuah database pada kolom Create Database.
d. Buat user database kita.
e. Pilih user database yang telah kita buat di menu user, lalu klik add.
f. Masukkan Privilage user, pilih ALL PRIVILAGE.

Demikian sedikit panduan untuk mengonlinekan sript website semoga bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar:

  1. Saya belum bisa membuat website. Soalnya untuk membuat script website memakai program yang rumit. mungkin kalau sudah punya script website, saya bisa menggunakan petunjuk di atas.

    BalasHapus